Riza Novita Dewanti, . (2019) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN DAN BERPIKIR KREATIF DALAM BELAJAR IPA SISWA KELAS V (Studi Korelasi di SD se-Kecamatan Matraman, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN JUDUL.pdf Download (30kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (91kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (141kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (72kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (34kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (54kB) |
|
Text
11. a. BAB I.pdf Download (126kB) |
|
Text
11. b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
Text
11. c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
Text
11. d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11. e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (70kB) |
Abstract
Penelitian Korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam belajar IPA kelas V SDN di Kelurahan Utan Kayu Utara, Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Utan Kayu Utara 01 Pagi sebanyak 72 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik multistage random sampling. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar berhubungan positif dengan kemampuan berpikir kreatif dalam belajar IPA siswa kelas V SD dengan t hitung (2,71) > t tabel (1,99) dan koefisien korelasi r xy .= 0,30, serta koefisien determinasi sebesar 9,51%. Hasil ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam belajar IPA kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemandirian belajar siswa di kelas sehingga dapat merancang metode pembelajaran yang bervariasi dalam belajar agar dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam belajar IPA siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd ; 2). Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 05:06 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 05:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16341 |
Actions (login required)
View Item |