HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN DAN BERPIKIR KREATIF DALAM BELAJAR IPA SISWA KELAS V (Studi Korelasi di SD se-Kecamatan Matraman, Jakarta Timur)

Riza Novita Dewanti, . (2019) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN DAN BERPIKIR KREATIF DALAM BELAJAR IPA SISWA KELAS V (Studi Korelasi di SD se-Kecamatan Matraman, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN JUDUL.pdf

Download (30kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (91kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (72kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (34kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB)
[img] Text
11. a. BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
11. b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
11. c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
11. d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11. e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70kB)

Abstract

Penelitian Korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam belajar IPA kelas V SDN di Kelurahan Utan Kayu Utara, Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Utan Kayu Utara 01 Pagi sebanyak 72 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik multistage random sampling. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar berhubungan positif dengan kemampuan berpikir kreatif dalam belajar IPA siswa kelas V SD dengan t hitung (2,71) > t tabel (1,99) dan koefisien korelasi r xy .= 0,30, serta koefisien determinasi sebesar 9,51%. Hasil ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam belajar IPA kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemandirian belajar siswa di kelas sehingga dapat merancang metode pembelajaran yang bervariasi dalam belajar agar dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam belajar IPA siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd ; 2). Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 25 Jun 2021 05:06
Last Modified: 25 Jun 2021 05:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16341

Actions (login required)

View Item View Item