PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DENGAN MENGGUNAKAN VIDEOSCRIBE UNTUK MENGETAHUI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK (Pengembangan R&D di Kelas X MAN 3 Jakarta Pusat)

AFRIZA ROUDHOTUL ULLUM, . (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DENGAN MENGGUNAKAN VIDEOSCRIBE UNTUK MENGETAHUI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK (Pengembangan R&D di Kelas X MAN 3 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (457kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (297kB)
[img] Text
6, DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
10. A. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. B. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. C. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. D. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
10. E. BAB V.pdf

Download (477kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual dengan menggunakan videoscribe untuk mengetahu gaya belajar peserta didik di kelas X MAN 3 Jakarta Pusat. Peneliti menggunakan teknik cluster sampling dengan memilih enam kelas dengan jumlah populasi dan sampel secara keseluruhan yaitu 170 orang peserta didik kelas X. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (RnD) dengan menggunakan model instruksional ADDIE (Analyze, Design,Development, Implement, Evaluate). Adapun tahapan model pengembangan dalam penelitian ini yaitu analisis, desain dan pengembangan. Alat pengumpul data yaitu kuesioner dan pedoman wawancara. Penilaian media dilakukan oleh validator yang terdiri dari ahli media, ahli konten dan melibatkan peserta didik. Berdasarkan data tersebut, menunjukkan bahwa hasil evaluasi formatif yang dilakukan oleh ahli media yaitu 93% (sangat layak), ahli konten 91% (sangat layak) dan peserta didik 94% (sangat layak). Media pembelajaran videoscribe tentang gaya belajar dapat membantu peserta didik untuk mengetahui gaya belajar yang ada pada dirinya. Dua belas orang peserta didik yang diberikan kuesioner tentang gaya belajar setelah menyaksikan videoscribe, sebanyak enam orang (50%) memiliki gaya belajar visual , tiga orang (25%) memiliki gaya belajar auditorial dan tiga orang (25%) memiliki gaya belajar kinestetik. Peserta didik dominan memiliki gaya belajar visual. Videoscribe ini dapat membantu peserta didik untuk mengetahui gaya belajar yang ada pada dirinya. Guru Bimbingan dan Konseling dapat menggunakan videoscribe dalam kegiatan layanan Bimbingan Klasikal untuk memberikan informasi terkait gaya belajar. Videoscribe ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk peserta didik, terutama bagi peserta didik dengan gaya belajar visual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Nov 2019 09:53
Last Modified: 19 Nov 2019 09:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item View Item