EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS WEB SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C DI PKBM FARADIKA, JAKARTA TIMUR

RIA RAHAYU, . (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS WEB SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C DI PKBM FARADIKA, JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (188kB)
[img] Text
4. SCAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (846kB)
[img] Text
4. SCAN SURAT KEASLIAN KARYA.pdf

Download (702kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (284kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
12.a BAB 1.pdf

Download (342kB)
[img] Text
12.b BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
12.c BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text
12.d BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12.e BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berbasis web setara.kemdikbud.go.id dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sosiologi. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Faradika sebanyak 20 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berupa pre-test dan posttest dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis web setara.kemdikbud.go.id efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sosologi. Analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa perolehan hasil analisis uji-t pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan analisis uji-t kelas kontrol, yaitu 11,95 > 7,12 dengan nilai ttabel sebesar 1,68. Selain itu, rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol (84,25 > 52,00). Berdasarkan analisis data tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran berbasis web setara.kemdikbud,go.id efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik Paket C pada mata pelajaran sosiologi kelas X pada program pendidikan kesetaraan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Daddy Darmawan, M.Si, ; 2). Jaenal Mutakim M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 28 Jun 2021 05:13
Last Modified: 28 Jun 2021 05:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16353

Actions (login required)

View Item View Item