MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MUATAN IPS KELAS V SDN MENTENG ATAS 14

Regita Aprilia, . (2019) MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MUATAN IPS KELAS V SDN MENTENG ATAS 14. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (31kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (188kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (9MB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (129kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (106kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
11. a. BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
11. b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text
11. c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
11. d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
11. e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik dalam muatan IPS melalui pembelajaran kontekstual pada peserta didik kelas V SD. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V�C SDN Menteng Atas 14 Jakarta Selatan semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik sebanyak 23 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan tindakan aktivitas guru dan tindakan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui berpikir kritis peserta didik menggunakan tes berupa esai dan catatan lapangan. Dari penelitian ini dapat menunjukkan bahwa siklus I memperoleh persentase sebesar 65,21% dengan jumlah 15 peserta didik yang mendapat skor berpikir kritis ≥ 70. Lalu terjadi peningkatan pada siklus II dengan memperoleh persentase sebesar 82,60% dengan jumlah 19 peserta didik yang mendapatkan skor berpikir kritis ≥ 70. Adapun persentase instrumen pemantau tindakan aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase sebesar 70% dan pemantau tindakan aktivitas peserta didik memperoleh persentase sebesar 73,07%. Sedangkan persentase instrumen pemantau tindakan aktivitas guru pada siklus II memperoleh persentase sebesar 83,33% dan pemantau tindakan aktivitas peserta didik memperoleh persentase sebesar 84,61%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan berpikir kritis peserta didik dalam muatan IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, M.Pd ; 2). Uswatun Hasanah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 28 Jun 2021 06:45
Last Modified: 28 Jun 2021 06:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16359

Actions (login required)

View Item View Item