RANI JULIA, . (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS IV SDN UTAN KAYU 16 PAGI JAKARTA TIMUR (Studi Penelitian Tindakan Kelas). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (67kB) |
|
Text
2. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf Download (91kB) |
|
Text
3. Lembar Persetujuan Pembimbimbing.pdf Download (398kB) |
|
Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf Download (319kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (149kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
Text
11. a. BAB 1.pdf Download (180kB) |
|
Text
11. b. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
|
Text
11. c. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
|
Text
11. d. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
11. e. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS melalui Strategi Active Learning tipe Active Knowledge Sharing pada siswa kelas lV SDN Utan Kayu 16 Pagi Jakarta Timur. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Utan Kayu 16 Pagi Jakarta Timur pada semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Jenis metodelogi penelitian ini adalah model siklus kemmis dan Mc. Tagagart, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan , dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah tercapainya target yang telah ditetapkan oleh peneliti dan kolaborator . Pada siklus 1, hasil belajar siswa menunjukan persentasi sebesar 77,41% sehingga dinyatakan belum tuntas karena belum mencapai 80% dari jumlah siswa yang bisa mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Pada siklus 2, hasil yang dicapai adalah 93,54%. Dengan kata lain 29 dari 31 Siswa Kelas IV SDN Utan Kayu 16 Pagi Jakarta Timur memperoleh nilai hasil belajar minimal 70 atau lebih. Instrumen pemantau tindakan guru pada siklus1 sebesar 75% meningkat pada siklus 2 yaitu sebesar 95%. Instrumen pemantau tindakan siswa pada siklus 1 sebesar 75% meningkat pada siklus 2 menjadi 90%. Dengan demikian, tercapailah sudah target yang diharapkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan Strategi pembelajaran Active Learnig tipe Active knowledge sharing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Utan Kayu 16 Pagi Jakarta Timur. Oleh karena itu guru perlu merancang pembelajaran dengan menggunakan strategi Active learning tipe Active knowledge sharing secara optimal, sehingga tujuan pembelajaran yang ditargetkan bisa tercapai.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Arifin Maksum M.Pd ; 2). Drs Satrio, M.Pd , |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 02:58 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 02:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16361 |
Actions (login required)
View Item |