MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS IV SDN UTAN KAYU 16 PAGI JAKARTA TIMUR (Studi Penelitian Tindakan Kelas)

RANI JULIA, . (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS IV SDN UTAN KAYU 16 PAGI JAKARTA TIMUR (Studi Penelitian Tindakan Kelas). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
2. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (91kB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan Pembimbimbing.pdf

Download (398kB)
[img] Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf

Download (319kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (149kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
11. a. BAB 1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
11. b. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
11. c. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
11. d. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
11. e. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS melalui Strategi Active Learning tipe Active Knowledge Sharing pada siswa kelas lV SDN Utan Kayu 16 Pagi Jakarta Timur. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Utan Kayu 16 Pagi Jakarta Timur pada semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Jenis metodelogi penelitian ini adalah model siklus kemmis dan Mc. Tagagart, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan , dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah tercapainya target yang telah ditetapkan oleh peneliti dan kolaborator . Pada siklus 1, hasil belajar siswa menunjukan persentasi sebesar 77,41% sehingga dinyatakan belum tuntas karena belum mencapai 80% dari jumlah siswa yang bisa mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Pada siklus 2, hasil yang dicapai adalah 93,54%. Dengan kata lain 29 dari 31 Siswa Kelas IV SDN Utan Kayu 16 Pagi Jakarta Timur memperoleh nilai hasil belajar minimal 70 atau lebih. Instrumen pemantau tindakan guru pada siklus1 sebesar 75% meningkat pada siklus 2 yaitu sebesar 95%. Instrumen pemantau tindakan siswa pada siklus 1 sebesar 75% meningkat pada siklus 2 menjadi 90%. Dengan demikian, tercapailah sudah target yang diharapkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan Strategi pembelajaran Active Learnig tipe Active knowledge sharing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Utan Kayu 16 Pagi Jakarta Timur. Oleh karena itu guru perlu merancang pembelajaran dengan menggunakan strategi Active learning tipe Active knowledge sharing secara optimal, sehingga tujuan pembelajaran yang ditargetkan bisa tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Arifin Maksum M.Pd ; 2). Drs Satrio, M.Pd ,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:58
Last Modified: 29 Jun 2021 02:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16361

Actions (login required)

View Item View Item