PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN DI KELURAHAN PULO GEBANG JAKARTA TIMUR

NURUL KHASANAH, . (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN DI KELURAHAN PULO GEBANG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
2. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (175kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (188kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (138kB)
[img] Text
7. DAFTAR IS1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
11. a. Bab 1.pdf

Download (152kB)
[img] Text
11. b. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
11. c. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
11. d. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
11. e. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data empiris kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SDN dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan model pembelajaran direct instruction. Penelitian ini dilaksanakan di kelurahan Pulo Gebang, Jakarta Timur. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk angket yang berisikan 38 pernyataan yang telah dibuktikan ke-valid’annya. Pengujian normalitas data penelitian menggunakan uji Liliefors dan menunjukaan data berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji homogenitas yang menunjukan bahwa kedua kelas bersifat homogen dan selanjutnya dianalisis dengan hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari perhitungan menunjukan bahwa thitung sebesar 2,42 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,671 Dengan demikian maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kecerdasan interpersonal siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN di Kelurahan Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2021 04:39
Last Modified: 30 Jun 2021 04:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16391

Actions (login required)

View Item View Item