NURUL KHASANAH, . (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN DI KELURAHAN PULO GEBANG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (129kB) |
|
Text
2. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf Download (175kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (213kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (188kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (138kB) |
|
Text
7. DAFTAR IS1.pdf Download (186kB) |
|
Text
11. a. Bab 1.pdf Download (152kB) |
|
Text
11. b. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
|
Text
11. c. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
Text
11. d. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
Text
11. e. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data empiris kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SDN dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan model pembelajaran direct instruction. Penelitian ini dilaksanakan di kelurahan Pulo Gebang, Jakarta Timur. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk angket yang berisikan 38 pernyataan yang telah dibuktikan ke-valid’annya. Pengujian normalitas data penelitian menggunakan uji Liliefors dan menunjukaan data berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji homogenitas yang menunjukan bahwa kedua kelas bersifat homogen dan selanjutnya dianalisis dengan hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari perhitungan menunjukan bahwa thitung sebesar 2,42 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,671 Dengan demikian maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kecerdasan interpersonal siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN di Kelurahan Pulo Gebang, Jakarta Timur.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 04:39 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 04:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16391 |
Actions (login required)
View Item |