PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS IV SDN JATINEGARA 05 PAGI JAKARTA TIMUR

NURUL CHOTIMAH, . (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS IV SDN JATINEGARA 05 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK & ABSTRACK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (129kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (139kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran berbasis proyek pada peserta didik kelas IV di SDN Jatinegara 05 Pagi Jakarta Timur. Penelitian dilakukan di SDN Jatinegara 05 Pagi Jakarta Timur dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV A yang berjumlah 27 peserta didik semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes uraian kemampuan berpikir kritis sebanyak 8 butir dan instrumen pemantauan tindakan aktivitas guru dan peserta didik, catatan lapangan, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian pada siklus I, persentase hasil tes kemampuan berpikir kritis mencapai 63%. Hasil tersebut dinyatakan belum mencapai target yaitu 80%, penelitian dilanjutkan ke siklus II, dengan persentase hasil tes kemampuan berpikir kritis sebesar 74%. Hasil tersebut masih belum mencapai target, penelitian dilanjutkan ke siklus III. Pada siklus III, persentase hasil tes kemampuan berpikir kritis yang dicapai adalah 81%, hasil tersebut sudah melampaui target, dan penelitian dihentikan. Persentase pemantau tindakan guru dan peserta didik pada siklus I sebesar 78%, pada siklus II meningkat menjadi 88% namun masih belum mencapai target. Pada siklus III berhasil melampaui target sebesar 98%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPA pada peserta didik kelas IV A di SDN Jatinegara 05 Pagi Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. AR. Supriatna, M.Pd, ; 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2021 05:00
Last Modified: 30 Jun 2021 05:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16395

Actions (login required)

View Item View Item