PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPA KELAS IV SDN DI KELURAHAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT

NUR ISTIQOMAH, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPA KELAS IV SDN DI KELURAHAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
02 ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (61kB)
[img] Text
03 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04 pernyataan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (28kB)
[img] Text
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB)
[img] Text
10 BAB 1.pdf

Download (48kB)
[img] Text
11 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
12 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
13 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
14 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk melihat pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV tentang Daur Hidup Hewan Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV Sekolah dasar di Kelurahan Kebon Jeruk dengan sampel kelas V-A SDN Kebon Jeruk 06 Pagi Jakarta Barat sebagai kelas kontrol dan kelas V-C SDN Kebon Jeruk 06 Pagi Jakarta Barat sebagai kelas eksperimen. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pilihan ganda untuk evaluasi hasil belajar. Kemudian dihitung normalitas data menggunakan lilliefors dan homogenitas menggunakan uji Fisher. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas homogen selanjutnya dianalisis dengan uji-t. Hasil perhitungan uji-t diperoleh harga thitung 5,486. Harga ttabel pada taraf signifikan α=0,05 dan df 34 adalah 1,996. Oleh karena harga thitung lebih besar dari ttabel (5,486 >1,996), maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan demikian Model Pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V tentang Daur Hidup Hewan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd ; 2). Drs. Dudung Amir Saleh, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2021 04:38
Last Modified: 02 Jul 2021 04:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16408

Actions (login required)

View Item View Item