NITA NURFADILAH, . (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES-TOURNAMENT (TGT) PADA PESERTA DIDIK KELAS IV (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kebon Manggis 01 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (52kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (256kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (526kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (440kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (102kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) |
|
Text
11.a BAB I.pdf Download (376kB) |
|
Text
11.b BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
|
Text
11.c BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
|
Text
11.d BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
11.e BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (351kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kerjasama dalam pembelajaran IPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kebon Manggis 01 Jakarta Timur sebanyak 25 siswa pada semester I tahun ajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan menggunakan siklus dari Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi sebagai dasar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Pada siklus I, data hasil kuesioner keterampilan kerjasama menunjukan persentase 72% peserta didik mendapatkan skor ≥ 75, sedangkan data hasil lembar pengamatan menunjukan persentase 68% sehingga belum dinyatakan berhasil karena kriteria keberhasilannya 80% siswa mendapatkan skor ≥ 75. Pada siklus II persentase keterampilan kerjasama mencapai 92% dari data hasil kuesioner dan 84% dari data hasil lembar pengamatan. Pada siklus I hasil pemantau tindakan guru sebesar 75% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Pada siklus I hasil pengamatan tindakan siswa sebesar 70% meningkat menjadi 92,5% pada siklus II. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa Model Cooperative Learning Tipe Team-Games Tournament (TGT) dalam proses pembelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan kerjasama. Oleh sebab itu, guru harus lebih memperhatikan setiap kondisi siswa baik secara fisik, moral, maupun emosi agar semua siswa dapat melatih keterampilan kerjasama dengan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Arifin Maksum, M.Pd ; 2). Prayuningtyas Angger W., M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 05:59 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 05:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16415 |
Actions (login required)
View Item |