STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM PANDU PELAJAR MANDIRI

NISRINA RIZQI RABBANI, . (2019) STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN PRINSIP ANDRAGOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PKBM PANDU PELAJAR MANDIRI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (40kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (671kB)
[img] Text
orisinalitas.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran pada program kesetaraan paket C kelas XII yang sesuai dengan prinsip-prinsip Andragogi di PKBM Pandu Pelajar Mandiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya kondisi banyaknya PKBM yang belum menerapkan prinsip Andragogi dalam proses pembelajaran.Teknik perolehan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah tutor, peserta didik, dan tutor paket C kelas XII,penelitian ini mempunyai 6 sampel yang terdiri dari 3 Tutor, 2 Peserta didik dan 1 Kepala PKBM Pandu Pelajar Mandiri. Hasil dari penelitian adalah tutor kesetaraan paket C kelas XII mengetahui karakteristik dan latar belakang peserta didik, tutor juga memberikan motivasi kepada peserta didik sebelum maupun sesudah proses pembelajaran, tutor menerapkan kedisiplinan, tutor memahami pengalaman peserta didik dan menghubungkan pengalaman peserta didik dengan materi yang dipelajarinya, tutor memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan berpendapat, tutor mampu memberi jalan keluar jika ada peserta didik yang bertanya diluar kemampuan tutor. Peserta didik menyatakan tutor menggunakan motode ceramah dan tanya jawab, sehingga peserta didik mudah bosan dengan metode dan teknik pembelajaran yang monoton, namun hasil penelitian ini tidak merubah metode pembelajaran yang diterapkan oleh PKBM Pandu Pelajar Mandiri. Peserta didik menyatakan tutor tidak mengidentifikasi kebutuhan terlebih dahulu dan tutor hanya melakukan proses pembelajaran yang berpusat dikelas saja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Ahmad Tijari, M.Pd ; 2). Dr.Puji Hadiyanti, M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2021 06:58
Last Modified: 02 Jul 2021 06:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16418

Actions (login required)

View Item View Item