MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENERAPAN METODE VAKT (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK, TAKTIL) PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III SDLB (Penelitian Tindakan Kelas di SLB C Sinar Kasih Jakarta)

MUKTIATI TEJANINGRUM, . (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI PENERAPAN METODE VAKT (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK, TAKTIL) PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III SDLB (Penelitian Tindakan Kelas di SLB C Sinar Kasih Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (26kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSRACT.pdf

Download (30kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (30kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text
11.a BAB I.pdf

Download (38kB)
[img] Text
11.b BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
11.c BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
11.d BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
11.e BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui metode VAKT (Visual, Auditori, Kinestetik, Taktil) pada peserta didik tunagrahita ringan kelas III di SLB C Sinar Kasih. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model penelitian Kemmis dan MC. Taggart yang dilakukan dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 3 peserta didik. Pengumpulan data berupa tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis peserta didik mencapai rata-rata 59% pada siklus I, selanjutnya kemampuan menulis peserta didik mencapai rata-rata 80 % pada siklus II. Ini menunjukkan bahwa metode VAKT (Visual, Auditori, Kinestetik, Taktil) dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan. Dengan demikian, guru dapat menerapkan metode VAKT (Visual, Auditori, Kinestetik, Taktil) untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan khususnya pada materi konsep bentuk huruf.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra.Tri Sediyani,M.Pd ; 2). Dra.Siti Nuraini P,Dip.Ed.Stud,M.Sp.Ed
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 06 Jul 2021 03:07
Last Modified: 06 Jul 2021 03:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16451

Actions (login required)

View Item View Item