Pengembangan Online Materials pada Pembelajaran Geografi Menggunakan Edmodo bagi Peserta Didik Kelas XII Paket C di PKBM 02 Karet Tengsin

Muhammad Revaldo Jodika Putra, . (2019) Pengembangan Online Materials pada Pembelajaran Geografi Menggunakan Edmodo bagi Peserta Didik Kelas XII Paket C di PKBM 02 Karet Tengsin. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (117kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
5 ABSTRAK ABSTRACT.pdf

Download (101kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (92kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
8 BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
9 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
10 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk online materials berupa learning object, kegiatan tutorial online, kuis, dan penugasan dalam platform Emdodo untuk menunjang pembelajaran tatap muka dalam pembelajaran Geografi Paket C tingkat VI setara kelas XII. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ILDF (Integrated Learning Design Framework), yang memiliki tiga tahapan utama yakni, tahap eksplorasi (exploration), penyusunan (enactment), dan evaluasi (evaluation). Hasil pengembangan produk ini telah melalui tahap evaluasi yang dilakukan oleh ahli (expert review) dan pengguna yang merupakan peserta didik pendidikan kesetaraan paket C di PKBM 02 Karet Tengsin. Pada tahapan expert review hasil pengembangan ini mendapatkan nilai 3.18 dari ahli desain pembelajaran dengan kategori baik, nilai 3.35 dari ahli materi dengan kategori sangat baik, 2.81 dari ahli media dengan kategori baik. Pada tahapan uji coba pengguna one-to-one mendapatkan nilai 3.26 dengan kategori baik, dan tahap uji coba pengguna small group mendapatkan nilai 3.16 dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk ini dapat menjadi suplementer pembelajaran tatap muka dengan terfasilitasinya interaksi dan kolaborasi antara peserta didik dan tutor. Selain itu sebagai sumber belajar dan menambah pengalaman belajar peserta didik melalui penyajian materi, kuis dan penugasan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Cecep Kustandi, M.Pd ; 2). Retno Widyaningrum, S.Kom, MM
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2021 03:28
Last Modified: 06 Jul 2021 03:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16453

Actions (login required)

View Item View Item