MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SD PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT ( Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cempaka Putih Barat 03 Pagi Jakarta Pusat )

ALVIANITA, . (2018) MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V SD PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT ( Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cempaka Putih Barat 03 Pagi Jakarta Pusat ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover Halaman Depan.pdf

Download (48kB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan (Scan).pdf

Download (631kB)
[img] Text
4. Lembar Orisinalitas (Scan).pdf

Download (516kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (95kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (704kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (266kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Pagi Jakarta Pusat. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA melalui mode sains teknologi masyarakat kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Pagi Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Pagi Jakarta Pusat yang berjumlah 39 siswa, terdiri dari 21 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Penelitian tindakan ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian tindakan kelas ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Pada siklus I, hasil data kuesioner sikap ilmiah siswa dengan presentase 66,67%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87,18%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan model sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui tingkat sikap imiah siswanya sehingga dapat merancang proses pembelajaran IPA guna meningkatkan sikap imiah siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Sutrisno, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Nov 2019 10:56
Last Modified: 19 Nov 2019 10:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1646

Actions (login required)

View Item View Item