PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR ANGKA (PAPINKA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR PENJUMLAHAN PADA KELAS 1 (SATU) SEKOLAH DASAR (Di Lingkungan Rt 001 Rw 015 Wanasari Cibitung, Bekasi)

MIBI AZELA UTARI, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR ANGKA (PAPINKA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR PENJUMLAHAN PADA KELAS 1 (SATU) SEKOLAH DASAR (Di Lingkungan Rt 001 Rw 015 Wanasari Cibitung, Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER JUDUL.pdf

Download (46kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (113kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (558kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (537kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (199kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

Penelitian karya inovatif ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media papan pintar angka (PAPINKA) untuk meningkatkan kemampuan berpikir penjumlahan pada anak kelas 1 sekolah dasar. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahap pengembangan. Penilaian pada penelitian pengembangan ini menggunakan skala likert 1-4. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan penilaian ahli media dengan nilai 3,75 , rata�rata keseluruhan penelitian ahli materi dengan nilai 4, dan hasil uji coba terbatas pada anak memperoleh nilai 3,58. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengembangkan media papan pintar angka (PAPINKA) untuk meningkatakan kemampuan berpikir penjumlahan pada anak kelas 1 sekolah dasar. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pengembangan media PAPINKA dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir penjumlahan pada anak kelas 1 sekolah dasar. Tetapi disesuaikan dengan materi, fasilitas, kesiapan guru dan anak. Pengembangan media PAPINKA ini memberikan masukkan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang ingin mengembangkan sebuah media pembelajaran khususnya media yang tidak sulit untuk dibuat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yuliani Nurani, M.Pd ; 2). Azizah Muis, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 06 Jul 2021 07:32
Last Modified: 06 Jul 2021 07:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16467

Actions (login required)

View Item View Item