MELINDA HANDAYANI, . (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN ADONAN (DOUGH) (Penelitian Tindakan Kelas di BKB PAUD Gemilang, Kebagusan, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
a. Bab 1.pdf Download (212kB) |
|
Text
b. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
|
Text
c. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
|
Text
d. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
d. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (94kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (127kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (141kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui kegiatan bermain adonan (dough). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di BKB PAUD Gemilang dengan jumlah 13 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas untuk menemukan informasi ilmiah melalui tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan cara membandingkan skor dan persentase pada pra penelitian hingga siklus II dari kemampuan mengenal lambang bilangan anak. Data kualitatif dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan menjadi 64.14% dan analisis pada siklus II kembali menunjukkan peningkatan menjadi 73.87%. Dari hasil data kualitiatif yang diperoleh terdapat peningkatan yang terjadi pada pra penelitian hingga siklus II pada aspek menyebutkan nama bilangan, memilih lambang bilangan, mengurutkan lambang bilangan, menghubungkan dengan kelompok benda. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain adonan (dough) dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di BKB PAUD Gemilang. Oleh karena itu, kegiatan bermain adonan (dough) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Eriva Syamsiatin, S. Pd., M. Si. ; 2). Dra. Winda Gunarti, M. Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 07:46 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 07:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16468 |
Actions (login required)
View Item |