UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN ADONAN (DOUGH) (Penelitian Tindakan Kelas di BKB PAUD Gemilang, Kebagusan, Jakarta Selatan)

MELINDA HANDAYANI, . (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN ADONAN (DOUGH) (Penelitian Tindakan Kelas di BKB PAUD Gemilang, Kebagusan, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
a. Bab 1.pdf

Download (212kB)
[img] Text
b. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
c. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
d. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
d. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (127kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (141kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui kegiatan bermain adonan (dough). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di BKB PAUD Gemilang dengan jumlah 13 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas untuk menemukan informasi ilmiah melalui tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan cara membandingkan skor dan persentase pada pra penelitian hingga siklus II dari kemampuan mengenal lambang bilangan anak. Data kualitatif dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan menjadi 64.14% dan analisis pada siklus II kembali menunjukkan peningkatan menjadi 73.87%. Dari hasil data kualitiatif yang diperoleh terdapat peningkatan yang terjadi pada pra penelitian hingga siklus II pada aspek menyebutkan nama bilangan, memilih lambang bilangan, mengurutkan lambang bilangan, menghubungkan dengan kelompok benda. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain adonan (dough) dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di BKB PAUD Gemilang. Oleh karena itu, kegiatan bermain adonan (dough) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eriva Syamsiatin, S. Pd., M. Si. ; 2). Dra. Winda Gunarti, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 06 Jul 2021 07:46
Last Modified: 06 Jul 2021 07:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16468

Actions (login required)

View Item View Item