MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI SMP ISLAM PB SOEDIRMAN JAKARTA

MEGAWATI TRIYANA, . (2019) MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DI SMP ISLAM PB SOEDIRMAN JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf

Download (312kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS (SCAN).pdf

Download (291kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (185kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
11. ISI SKRIPSI (a. BAB I).pdf

Download (479kB)
[img] Text
11. ISI SKRIPSI (b. BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text
11. ISI SKRIPSI (c. BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
11. ISI SKRIPSI (d. BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11. ISI SKRIPSI (e. BAB V).pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum berbasis sistem kredit semester (SKS) di SMP Islam PB Soedirman Jakarta. Sub fokus dari penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di SMP Islam B Soedirman Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan kurikulum berbasis SKS, dan ciri khas PB Soedirman dilaksanakan pada saat rapat kerja sekolah. Proses perencanaan kurikulum diawali dengan evaluasi kurikulum untuk memperbaiki dan mengembangkan kurikulum di SMP Islam PB Soedirman. Perencanaan penerapan SKS dilakukan dengan tahapan analisis kemampuan sekolah, penentuan dan penyusunan model penerapan SKS, pembentukan Tim Kurikulum, mengadakan rapat sosialisasi penerapan SKS, persiapan kurikulum dan pembelajaran, persiapan guru, persiapan sarana, prasarana dan IT, dan pengurusan perizinan. (2) Pelaksanaan kurikulum berbasis SKS dilakukan dengan tahapan penerimaan peserta didik baru, pemetaan peserta didik, sosialisasi SKS kepada Wali murid dan murid, pembimbingan akademik, pembelajaran, penilaian dan laporan hasil penilaian pembelajaran. (3) Evaluasi kurikulum berbasis SKS yang dilaksanakan di SMP Islam PB Soedirman Jakarta berimplikasikan terhadap keberhasilan dalam perencanaan dan pelaksanaan kurikulum berbasis SKS di SMP Islam PB Soedirman Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Supadi, M.Pd. ; 2). Dr. Masduki Ahmad, SH. MM
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 06 Jul 2021 08:09
Last Modified: 06 Jul 2021 08:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16470

Actions (login required)

View Item View Item