MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MUATAN IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND SHARE KELAS IV SDN PISANGAN TIMUR 13 JAKARTA TIMUR (Studi Penelitian Tindakan Kelas)

MEGA TRI WULANDARI, . (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MUATAN IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR AND SHARE KELAS IV SDN PISANGAN TIMUR 13 JAKARTA TIMUR (Studi Penelitian Tindakan Kelas). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (285kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (359kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (300kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (281kB)
[img] Text
12. A. BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
12. B. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
12. C. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
12. D. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
12. E. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model Cooperative Learning Tipe Think Pair and Share pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pisangan Timur 13 Jakarta Timur, dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV-C yang berjumlah 29 peserta didik pada tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I pertemuan ke-3, kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPS yang mendapatkan skor ≥70 sebanyak 19 peserta didik dengan persentase sebesar 65.52%. Pada siklus II pertemuan ke-3, kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPS Ilmu Pengetahuan Sosial yang mendapatkan skor ≥70 sebanyak 26 peserta didik dengan persentase sebesar 89.65%. Berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran dengan menerapkan model Cooperative Learning tipe Think Pair and Share pada pembelajaran IPS Ilmu Pengetahuan Sosial, memperoleh persentase hasil pengamatan tindakan aktivitas guru pada siklus I pertemuan ke-3 sebesar 75%, dan pemantau tindakan aktivitas peserta didik memperoleh persentase sebesar 75%. Pada siklus II pemantau tindakan aktivitas guru di pertemuan ke-3 sebesar 90% dan pemantau tindakan aktivitas peserta didik memperoleh persentase sebesar 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning Tipe Think Pair and Share dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran muatan Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd ; 2). Uswatun Hasanah, M.Pd,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 06 Jul 2021 08:19
Last Modified: 06 Jul 2021 08:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16471

Actions (login required)

View Item View Item