PENGARUH PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MUATAN PEMBELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN DI KELURAHAN PENGADEGAN JAKARTA SELATAN

Mega Maulida Erwana, . (2019) PENGARUH PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MUATAN PEMBELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN DI KELURAHAN PENGADEGAN JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
2. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (339kB)
[img]
Preview
Image
3. LEMBAR PERSETUJUAN.jpg

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Image
4. LEMBAR ORISINALITAS.jpg

Download (519kB) | Preview
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (248kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
11. a BAB 1.pdf

Download (341kB)
[img] Text
11. b BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
11. c BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
11. d BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
11. e BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis muatan pembelajaran IPA peserta didik kelas V. Sampel penelitian ini adalah 56 peserta didik kelas V SDN di Kelurahan Pengadegan, Jakarta Selatan. Penggunaan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain posttest-only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes yang diuji normalitas dengan uji Liliefors dan homogenitas dengan uji Fisher sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel (1,83 > 1,67) sehigga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran GI berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis muatan pembelajaran IPA peserta didik kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kooperatif tipe GI dapat dijadikan suatu upaya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Oleh sebab itu, guru perlu memilih pendekatan pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis muatan pembelajaran IPA peserta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si ; 2). Uswatun Hasanah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 08 Jul 2021 03:11
Last Modified: 08 Jul 2021 03:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16473

Actions (login required)

View Item View Item