PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen di SDN Cipinang Melayu 07 Pagi Jakarta Timur)

MARYANI SUSILAWATI, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen di SDN Cipinang Melayu 07 Pagi Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (21kB)
[img] Text
2 ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (248kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4 LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (179kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
11 a BAB 1.pdf

Download (208kB)
[img] Text
11 b BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text
11 c BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
11 d BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
11 e BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembeajaran cooperative tipe STAD terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V SD. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Cipinang Melayu 07 Pagi Jakarta Timur sebanyak 64 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain posttest-only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner kecerdasan interpersonal dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative tipe STAD dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui tingkat kecerdasan interpersonal setiap peserta didik sehingga dapat merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai menggunakan model pembelajaran cooperative tipe STAD untuk dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal peserta didik kelas V SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Arifin Maksum, M.Pd ; 2). Uswatun Hasanah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 08 Jul 2021 04:05
Last Modified: 08 Jul 2021 04:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16477

Actions (login required)

View Item View Item