Marini Wahyuningsih, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP SIKAP ILMIAH IPA KELAS V SD DI KELURAHAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (33kB) |
|
Text
02. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (89kB) |
|
Text
03. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
04. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (2MB) |
|
Text
06. KATA PENGANTAR.pdf Download (29kB) |
|
Text
07. DAFTAR ISI.pdf Download (32kB) |
|
Text
11a. BAB I.pdf Download (75kB) |
|
Text
11b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
Text
11c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
|
Text
11d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
|
Text
11e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (36kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) terhadap sikap ilmiah IPA peserta didik kelas V SD. Adapun sampel penelitian ini adalah 60 peserta didik kelas V SD di Kelurahan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan ialah metode Eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang diuji normalitas dengan uji Liliefors dan homogenitas dengan uji Fisher sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis dengan menggunakan uji beda (uji-t) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel (6,869 > 2,001) sehingga Hₒ ditolak dan H₁ diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran POE berpengaruh secara signifikan terhadap sikap ilmiah IPA peserta didik kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran POE dapat dijadikan suatu upaya dalam meningkatkan sikap ilmiah IPA peserta didik. Oleh karena itu, guru diperlukan untuk memilih model pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan sikap ilmiah IPA peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd ; 2). Dra. Rosinar S, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 08 Jul 2021 04:12 |
Last Modified: | 08 Jul 2021 04:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16478 |
Actions (login required)
View Item |