PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP SIKAP ILMIAH IPA KELAS V SD DI KELURAHAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT

Marini Wahyuningsih, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) TERHADAP SIKAP ILMIAH IPA KELAS V SD DI KELURAHAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (33kB)
[img] Text
02. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (89kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (29kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
11a. BAB I.pdf

Download (75kB)
[img] Text
11b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
11c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
11d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
11e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) terhadap sikap ilmiah IPA peserta didik kelas V SD. Adapun sampel penelitian ini adalah 60 peserta didik kelas V SD di Kelurahan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan ialah metode Eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang diuji normalitas dengan uji Liliefors dan homogenitas dengan uji Fisher sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis dengan menggunakan uji beda (uji-t) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel (6,869 > 2,001) sehingga Hₒ ditolak dan H₁ diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran POE berpengaruh secara signifikan terhadap sikap ilmiah IPA peserta didik kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran POE dapat dijadikan suatu upaya dalam meningkatkan sikap ilmiah IPA peserta didik. Oleh karena itu, guru diperlukan untuk memilih model pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan sikap ilmiah IPA peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd ; 2). Dra. Rosinar S, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 08 Jul 2021 04:12
Last Modified: 08 Jul 2021 04:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16478

Actions (login required)

View Item View Item