Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar

MARIA BRIGITTA KRISTIVANY HARDIKA, . (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (23kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (67kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (96kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (47kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
11. a. Bab 1.pdf

Download (83kB)
[img] Text
11. b. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
11. c. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
11. d. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
11. e. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangan sebuah produk bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik berbasis project based learning pada pembelajaran matematika. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian dan pengembangan ini melibatkan beberapa pihak yaitu ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru kelas V SD, dan peserta didik kelas V SD. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, yaitu wawancara dengan guru kelas V SD diperoleh data bahwa dalam pembelajaran matematika khususnya materi perbandingan dibutuhkan sebuah bahan ajar yaitu lembar kerja peserta didik berbasis project based learning guna membantu kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Hasil rekapitulasi validasi oleh para ahli mendapatkan skor rata-rata yaitu 91,3% dengan kriteria kelayakan media adalah sangat layak. Hasil rekapitulasi uji coba pada tahap one to one mendapatkan skor 88,3%, pada tahap small group mendapatkan skor 95%, pada tahap field test mendapatkan skor 96,3%. Ketiga hasil rekapitulasi tahap uji coba kepada peserta didik ini menunjukkan bahwa kriteria kelayakan medianya adalah sangat layak. Berdasarkan hasil rekapitulasi skor ini menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis project based learning ini sudah valid dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar matematika untuk peserta didik kelas V SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra.Endang M.Kurniati, M.Ed ; 2). Dr.Ika Lestari, S.Pd, M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 08 Jul 2021 04:40
Last Modified: 08 Jul 2021 04:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16480

Actions (login required)

View Item View Item