MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Pela Mampang 03 Pagi Jakarta Selatan)

INDAH ARI PRATIWI, . (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Pela Mampang 03 Pagi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
02. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (90kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (465kB)
[img] Text
04. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (401kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (146kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
12.a. BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
12.b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
12.c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
12.d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
12.e. BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meelalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas IV SD. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN SDN Pela Mampang 03 Pagi Jakarta Selatan. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 23 peserta didik dengan 11 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan penelitian, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan alokasi waktu setiap pertemuan 4x35 menit. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis IPS melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Kemampuan berpikir kritis IPS pada siklus I mencapai 65% dan pada siklus II meningkat menjadi 87%.Dengan demikian dapat disimpulkan kemampuan berpikir kritis Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkat melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Ir.Arita Marini, ME., ; 2). Dr.Yurniwati.,M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 13 Jul 2021 09:12
Last Modified: 04 Nov 2022 01:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16531

Actions (login required)

View Item View Item