EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

IKA MAHARANI, . (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (64kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (88kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (194kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (55kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
11.A. BAB I.pdf

Download (82kB)
[img] Text
11.B. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
11.C. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
11.D. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
11.E. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film dalam layanan informasi bimbingan klasikal untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Terdapat lima aspek dari berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan dasar, membangun keterampilan dasar, menarik kesimpulan, memberikan penjelasan lanjut, dan mengatur strategi taktik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan Pretest-Posstest Control Group Design dimana peneliti memberikan instrumen kemampuan berpikir kritis kepada kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan berupa menonton film dan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan menontom film. Pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Partisipan penelitian sebanyak 58 siswa kelas X yang terbagi dalam dua kelompok yaitu 29 siswa kelompok eksperimen dan 29 siswa kelompok kontrol. Penelitian dilakukan selama 9 kali sesi pertemuan dengan empat judul film yang dibagi menjadi dua sesi untuk satu film. Adapun empat film yang ditayangkan dalam penelitian ini yaitu Cahaya dari Timur, Beta Maluku; Denias, Senandung di atas Awan, Sang Pemimpi, dan Tanah Surga Katanya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan rerata N Gain sebesar 0,67 yang berarti bahwa media film efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Lara Fridani, Ph.D ; 2). Dr. Phil Zarina Akbar, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S2 Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2021 03:46
Last Modified: 15 Jul 2021 03:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16550

Actions (login required)

View Item View Item