PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN ‘PKB’ (PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN) POLA IN-ON-IN DI KABUPATEN SLEMAN

IDA AYU KOMANG ANGGRAENI, . (2019) PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN ‘PKB’ (PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN) POLA IN-ON-IN DI KABUPATEN SLEMAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (290kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (252kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (272kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11 a. Bab 1.pdf

Download (352kB)
[img] Text
11 b. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
11 c. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
11 d. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11 e. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pelatihan menggunakan pola yang mengkombinasikan kegiatan tatap muka dan belajar mandiri, yang disebut pola in-on-in. Pelatihan dengan pola ini terdiri dari 3 tahapan, yaitu in-service learning (in-1), on-the-job learning (on), dan in-service learning 2 (in-2). Peneliti menggunakan komponen pelaksanaan pelatihan Blanchard dan Thacker untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan, yaitu instruktur, fasilitas, bahan, dan alat pelatihan. Pengumpulan data dilakukan dengan; studi dokumentasi menggunakan dokumen pasca pelatihan milik penyelenggara; wawancara dengan satu panitia penyelenggara; dan penyebaran kuesioner online kepada 22 peserta pelatihan di Kabupaten Sleman. Hasil penelitian menunjukkan dalam pelaksanaan program pelatihan dengan pola in-on-in: instruktur pelatihan siap menyajikan informasi, menggunakan bahan pelatihan terbaik, mampu menarik perhatian peserta, membantu peserta dalam memperoleh pemahaman dan keterampilan, serta menutup sesi dengan perasaan puas di hati peserta; Fasilitas pelatihan mulai dari ruang kelas memiliki pencahayaan yang sesuai, tenang, bersih dan nyaman, mudah di akses, furniture sesuai, dan terdapat konsumsi yang memuaskan dan bervariasi; Bahan pelatihan yang digunakan sesuai dengan materi, menggunakan bahasa yang jelas, terdapat ilustrasi dan contoh, serta memiliki soal latihan; Alat pelatihan yang digunakan telah disiapkan sesuai dengan kebutuhan dan berkondisi baik. Namun masih terdapat beberapa hal yang dapat dioptimalkan diantaranya dalam kompetensi instruktur pelatihan terkait pemberian umpan balik, dan ilustrasi yang terdapat di dalam modul.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suprayekti, M.Pd. ; 2). Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 15 Jul 2021 04:29
Last Modified: 15 Jul 2021 04:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16553

Actions (login required)

View Item View Item