PENGARUH PENGGUNAAN PETA KONSEP DAN KEMAMPUAN AWAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN

USWAH, . (2014) PENGARUH PENGGUNAAN PETA KONSEP DAN KEMAMPUAN AWAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Abstrak, daftar isi dkk.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Tesis Uswah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh penggunaan peta konsep dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar kimia, Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dan dilaksanakan pada bulan November 2013- Juni 2014. Populasi seluruh siswa kelas XI di SMAN 1 Bekasi dan penentuan sampel menggunakan teknik Cluster random sampling, sampel terdiri dari 2 kelas. Kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran menggunakan peta konsep dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran tanpa peta konsep.. Data diambil dari tes kemampuan awal siswa dan nilai hasil belajar. Nilai Hasil belajar untuk siswa dengan kemampuan awal tinggi memberikan nilai yang signifikan baik menggunakan peta konsep maupun tanpa peta konsep.. Sedangkan siswa dengan kemampuan awal rendah tidak memberikan hasil yang signifikan pada metode pembelajaran menggunakan peta konsep maupun tanpa peta konsep. Pengelompokkan siswa dengan kemampuan awal tinggi dan rendah dengan melihat mean nilai kemampuan awal.Analisis data menggunakan anava dua jalur dengan desain faktorial 2 x 2 dan karena terdapat interaksi maka dilanjutkan dengan Uji Turkey’s.Dari analisis disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap hasil belajar kimia. (2). Ada pengaruh kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar kimia, (3). Ada interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar kimia (4). Ada perbedaan nilai hasil belajar siswa dengan kemampuan awal tinggi antara kelompok eksperimen(A1B1) dan kelompok control (A2B1), (5). Tidak ada perbedaan nilai hasil belajar siswa dengan kemampuan awal rendah baik kelas eksperimen(A1B2) maupun kelompok control (A2B2). (6).Ada perbedaan nilai hasil belajar kimia kelompok eksperimen dengan kemampuan tinggi(A1B1) dan dengan kemampuan awal rendah(A1B2).(7) Ada perbedaan hasil belajar antara kelompok kontrol dengan kemampuan awal tinggi(A2B1) dan kemapuan awal rendah(A2B2). Semua siswa memberikan respon positif bagi yang memiliki kemampuan awal tinggi terhadap penggunaan metode pembelajaran menggunakan peta konsep dan tanpa peta konsep *********** The aim of this research is to find the influence of concept mapping and student’s prior knowledge to Chemistry learning result . This research used experimental method and was conducted on November 2014 – June 2014. The population of this research was XI grade of SMAN 1 Bekasi and the sample taken used cluster random sampling technique, which resulted 2 classes. Experiment class used concept mapping learning method and control class used non concept mapping learning method. The data was taken from student’s prior knowledge and the learning result test. The score of prior knowledge is used to group students with high and low prior knowledge by looking at the mean value of the prior knowledge. From the analysis, it is conducted that (1) there is the influences of the use of concepr mapping learning method to Chemistry learning result (2) there is influences student’s prior knowledge to Chemistry learning result (3)There is an interaction between student’s prior knowledge and used concept mapping learning method to students chemistry learning result.(4) There is different chemistry learning result between experiment class and control class in high student’s prior knowledge.(5) There isn’t different chemistry learning result of low prior knowledge between experiment class and control class.(6) There is different chemistry learning result of experiment class between high and low student prior knowledge.(7) There is different chemistry learning result in control class between high and low student prior knowledge

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Muktiningsih Nurjayadi, M.Si. ; 2). Dr. Fera Kurniadewi, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 15 Jul 2021 07:24
Last Modified: 15 Jul 2021 07:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16556

Actions (login required)

View Item View Item