PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PENEMUAN Penelitian Tindakan Pada Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Ishlahuddiniyyah, Kecamatan Pondok Aren,Tangerang, Tahun Ajaran 2012/2013

WULAN PERAWATI, . (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN PENEMUAN Penelitian Tindakan Pada Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Ishlahuddiniyyah, Kecamatan Pondok Aren,Tangerang, Tahun Ajaran 2012/2013. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER tesis.pdf

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRACT REVISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ABSTRAK REVISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN Matematika.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORETIK.pdf

Download (467kB)
[img] Text
bab3 yang baru.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV hasil revisi baru.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V hasil revisi baru.pdf

Download (154kB)

Abstract

This study is aimed to determine how the process of learning in improving students' mathematics outcomes through discovery learning and to determine the yield increase students' mathematics outcomes through discovery learning. This study was conducted on students of class II MI Ishlahuddiniyyah, Pondok Aren District, Tangerang in academic year 2012/2013. The method used in this study is action research (action research) developed by Kemmis and Taggart. Analysis of the data used in this study is done in two ways: quantitative and qualitative approaches. Quantitative analysis showed an increase in students' mathematics learning outcomes from pre-study to the first cycle is equal to 31.87%. Under an agreement with collaborators successful can occur if there is an increase in students' mathematics learning outcomes of at least 20%. In this study, an increase in students' mathematics learning outcomes already surpassed 20%, thus the research hypothesis can be accepted. The results showed that the application of measures of learning mathematical discovery in the learning process is proven to improve students' mathematics learning outcomes. In this case the concepts of the subject matter of abstract mathematics can be understood students with direct experience and active involvement of students in the learning process of the invention. In addition, aspects of the mathematical ability of students consisting of problem solving ability as activities and questioning, reasoning ability and the ability to develop good communication. Increased ability of math students through the learning process of the invention is supported by activities that are learning by doing. **************** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran penemuan dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran penemuan. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas II MI Ishlahuddiniyyah, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang tahun ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini dilakukan dengan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa mulai dari pra-penelitian sampai siklus I yaitu sebesar 31,87%. Berdasarkan kesepakatan peneliti bersama kolaborator keberhasilan tindakan dapat terjadi jika ada peningkatan hasil belajar matematika siswa minimal 20%. Pada penelitian ini, peningkatan hasil belajar matematika siswa sudah berhasil melampaui 20%, dengan demikian hipotesis penelitian dapat diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan langkah-langkah pembelajaran penemuan dalam proses pembelajaran matematika terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Dalam hal ini konsepkonsep materi pelajaran matematika yang bersifat abstrak dapat lebih dipahami siswa dengan adanya pengalaman langsung dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran penemuan. Selain itu, aspekaspek kemampuan proses matematika siswa yang terdiri dari kemampuan pemecahan masalah, kemampuan penalaran dan bukti serta kemampuan komunikasi dapat berkembang dengan baik. Peningkatan kemampuan proses matematika siswa melalui pembelajaran penemuan didukung oleh kegiatan-kegiatan yang bersifat learning by doing.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Yuliani Nurani Sujiono, M.Pd. ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Matematika
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 15 Jul 2021 09:13
Last Modified: 15 Jul 2021 09:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16560

Actions (login required)

View Item View Item