FRIDA YULIASARI, . (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE DI KELAS V SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Sumur Batu 06 Pagi Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (20kB) |
|
Text
02 ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (196kB) |
|
Text
06 KATA PENGANTAR.pdf Download (148kB) |
|
Text
07 DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) |
|
Text
11 BAB I.pdf Download (180kB) |
|
Text
11 BAB II.pdf Download (287kB) |
|
Text
11 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
|
Text
11 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
Text
11 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model Cooperative Learning tipe Group to Group Exchange di kelas lima Sekolah Dasar Negeri Sumur Batu 06 Pagi Jakarta Pusat. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik di kelas lima Sekolah Dasar Negeri Sumur Batu 06 Pagi Jakarta Pusat sebanyak 29 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2019. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda dan essay, serta menggunakan instrumen pemantau tindakan aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. Pada siklus I hasil belajar peserta didik menunjukkan persentase sebesar 72% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu ≥70, sehingga dinyatakan belum berhasil, karena belum mencapai persentase yang ditargetkan yaitu 80%. Pada siklus II peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ≥70 meningkat menjadi 93% atau 27 dari 29 peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Cooperative Learning tipe Group to Group Exchange dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik di kelas lima. Oleh karena itu, model Cooperative Learning tipe Group to Group Exchange dapat dijadikan sebagai salah saru alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd. ; 2). Drs. Waluyo Hadi, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 21 Jul 2021 04:18 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 04:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16594 |
Actions (login required)
View Item |