MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE DI KELAS V SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Sumur Batu 06 Pagi Jakarta Pusat)

FRIDA YULIASARI, . (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE DI KELAS V SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Sumur Batu 06 Pagi Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (20kB)
[img] Text
02 ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (196kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (148kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf

Download (287kB)
[img] Text
11 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model Cooperative Learning tipe Group to Group Exchange di kelas lima Sekolah Dasar Negeri Sumur Batu 06 Pagi Jakarta Pusat. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik di kelas lima Sekolah Dasar Negeri Sumur Batu 06 Pagi Jakarta Pusat sebanyak 29 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2019. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda dan essay, serta menggunakan instrumen pemantau tindakan aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. Pada siklus I hasil belajar peserta didik menunjukkan persentase sebesar 72% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu ≥70, sehingga dinyatakan belum berhasil, karena belum mencapai persentase yang ditargetkan yaitu 80%. Pada siklus II peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ≥70 meningkat menjadi 93% atau 27 dari 29 peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Cooperative Learning tipe Group to Group Exchange dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik di kelas lima. Oleh karena itu, model Cooperative Learning tipe Group to Group Exchange dapat dijadikan sebagai salah saru alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ajat Sudrajat, M.Pd. ; 2). Drs. Waluyo Hadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2021 04:18
Last Modified: 21 Jul 2021 04:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16594

Actions (login required)

View Item View Item