PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA CIMANGGIS DEPOK

FIRDA AMALIA, . (2019) PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA CIMANGGIS DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (42kB)
[img] Text
2. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (90kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (448kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
11. a. BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
11. b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
11. c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)
[img] Text
11. d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
11. e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan tema indahnya kebersamaan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Nurul Huda Cimanggis Depok sebanyak 27 orang. Model yang digunakan adalah metode penelitian kelas, dengan desain tindakan yang dipakai menurut Kemmis dan Mc Taggart yang dalam satu siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan instrumen non tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan minat belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan data minat belajar pada siklus I, siswa yang masuk kategori minat belajar IPS sangat tinggi sebesar 74%. Presentase ini meningkat pada siklus II yaitu menjadi 89%. Berdasarkan data pemantau tindakan guru pada siklus I adalah 80% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Pemantau tindakan siswa pada siklus I adalah 73% dan meningkat menjadi 93% pada siklus II. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan minat belajar IPS siswa kelas IV MI Nurul Huda Cimanggis Depok menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, S.Pd, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Ir. Arita Marini, M.E.,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 21 Jul 2021 06:18
Last Modified: 21 Jul 2021 06:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16600

Actions (login required)

View Item View Item