HUBUNGAN SELF-REGULATION (KEMANDIRIAN BELAJAR) DENGAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI JAKARTA PUSAT

Fimalda Pratiwi Hadiputri, . (2019) HUBUNGAN SELF-REGULATION (KEMANDIRIAN BELAJAR) DENGAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (13kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (90kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (696kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (631kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (146kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
11. a. BAB 1.pdf

Download (442kB)
[img] Text
11. b. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
11. c. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (983kB)
[img] Text
11. d. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)
[img] Text
11. e. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Self�Regulation (Kemandirian Belajar) dengan Pemahaman Matematis Siswa Kelas V SD di Jakarta Pusat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang ada di SDN Bendungan Hilir 09 Pagi, Jakarta Pusat sebanyak 59 orang. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dengan instrumen tes dan angket kemudian dianalisis dengan uji signifikansi menggunakan uji�t. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif signifikan antara Self�Regulation (Kemandirian Belajar) dengan pemahaman matematis pada siswa kelas V SD di Jakarta Pusat. Hal itu berarti bahwa semakin tinggi self-regulation (kemandirian belajar) yang dimiliki siswa maka semakin tinggi pula pemahaman matematisnya. Oleh karena itu, perlu peran guru dalam membuat suatu pembelajaran yang dapat menumbuhkan keaktifan dan kemandirian pada siswanya saat kegiatan belajar�mengajar supaya siswa dapat meningkatkan pemahaman matematisnya dengan mengembangkan self-regulation (kemandirian belajar).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Iva Sarifah, M.Pd. ; 2). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 22 Jul 2021 02:38
Last Modified: 22 Jul 2021 02:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16602

Actions (login required)

View Item View Item