PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XI (Studi Deskriptif di SLB Mekarsari 1 Cibinong)

FIKY NURUL AULIA, . (2019) PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XI (Studi Deskriptif di SLB Mekarsari 1 Cibinong). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. Surat Pengesahan.pdf

Download (600kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (290kB)
[img] Text
4. Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (153kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (153kB)
[img] Text
9. BAB I Fiky.pdf

Download (157kB)
[img] Text
10. BAB II Fiky.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
11. BAB III Fiky.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
12. BAB IV Fiky.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
13. BAB V Fiky.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran membaca Al�Qur’an pada siswa tunagrahita di SLB Mekar Sari 1 Cibinong. Pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan tujuan diadakannya pembelajaran agar siswa tunagrahita dapat membaca Al-Qur’an dengan benar. Metode pembelajaran yang digunakan Baghdadiyah dan pengulangan. Media yang digunakan kartu huruf hijaiyah, Al-Qur’an dan Juz ‘amma. Bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu pengamatan guru yang berupa sikap siswa terhadap Al�Qur’an, kelancaran membaca dan ketepatan membaca. Faktor pendukung berupa dukungan dari orang tua, kesabaran guru dalam mengajar dan pihak luar yang membantu. Faktor penghambat berupa banyaknya siswa di dalam kelas sehingga pembelajaran menjadi tidak fokus dan kurang kondusif. Tunagrahita mampu membaca Al-Qur’an secara baik dan benar walaupun memiliki hambatan pada kognitif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Etty Hasmayati, M.Pd ; 2). Riana Bagaskorowati, Ph.D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:19
Last Modified: 23 Jul 2021 07:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16609

Actions (login required)

View Item View Item