PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS TENTANG GEOMETRI PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR KELURAHAN TANJUNG BARAT JAKARTA SELATAN

TRISTI YENNY SUSBIYANTI, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS TENTANG GEOMETRI PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR KELURAHAN TANJUNG BARAT JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I .pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (16kB)
[img] Text
LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (383kB)
[img] Text
LEMBAR JUDUL .pdf

Download (31kB)
[img] Text
LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (89kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (262kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan alat peraga terhadap pemahaman matematis pada geometri siswa sekolah dasar kelas III di kelurahan Tanjung Barat Jakarta Selatan. Penelitian dilaksanakan di SDN Tanjung Barat 08 Pagi kelurahan Tanjung Barat Jakarta Selatan, pada bulan Juni sampai bulan Agustus 2015 dengan sampel siswa kelas III pada semester II tahun ajaran 2014/2015. Sampel diambil dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, Pengumpulan data diambil dari hasil skor soal yang dikerjakan siswa pada akhir pembelajaran matematika tentang geometri, sifat-sifat bangun datar sederhana. Hasil perhitungan dan analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung = 4,50 > 1,67 = ttabel. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Ini menunjukkan H0 ditolak, dengan demikian proses penelitian diterima. Uji persyaratan analisis yang digunakan untuk homogenitas menggunakan uji Bartlett dengan taraf signifikan α = 0,05, kriteria pengujian: jika maka Ho diterima berarti data homogen, sebaliknya jika maka H1 diterima dan Ho ditolak, artinya data tidak homogen. Untuk uji normalitas menggunakan uji liliefors dengan taraf signifikan α = 0,05. Kriteria pengujian: sampel berdistribusi normal jika Lhitung < Ltabel, sebaliknya jika Lhitung > Ltabel berarti sampel berdistribusi tidak normal. Setelah dilakukan perhitungan menunjukkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan alat peraga terhadap pemahaman matematis tentang geometri pada siswa kelas III sekolah dasar Kelurahan Tanjung Barat Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yurniwati, M.Pd ; 2). Dr. Fahrurrozi, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2019 14:54
Last Modified: 19 Nov 2019 14:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1661

Actions (login required)

View Item View Item