PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

FIKKI AULIA PUTRI, . (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (221kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (458kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (433kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (347kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (380kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran matematika berupa multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) dan Dick&Carey yang menghasilkan lima tahapan penelitian, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian dan pengembangan ini melibatkan satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu dosen ahli bahasa, satu orang guru kelas IV, dan siswa kelas IV SDN Rawamangun 12 sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata pada uji ahli (ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan guru kelas IV SD) sebesar 97.5% dan uji coba siswa (uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan) sebesar 95.1% tergolong dalam kategori “Sangat Baik”. Maka hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada materi keliling dan luas bangun datar ini valid dan layak digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas IV SD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd ; 2). Nidya Chandra, S.Pd, M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:26
Last Modified: 23 Jul 2021 07:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16615

Actions (login required)

View Item View Item