PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN DI KELURAHAN SERDANG JAKARTA PUSAT (Studi Eksperimen di Kelurahan Serdang Jakarta Pusat)

FATIMAH SAIDAH SAVITRI ONGKO, . (2019) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN DI KELURAHAN SERDANG JAKARTA PUSAT (Studi Eksperimen di Kelurahan Serdang Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER JUDUL DAN HALAMAN JUDUL.pdf

Download (70kB)
[img] Text
2. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (37kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (78kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (31kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
11a. BAB 1.pdf

Download (109kB)
[img] Text
11b. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
11c. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
11d. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
11e. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui data secara empiris tentang Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Make a Match Terhadap Motivasi Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN Serdang 11, Jakarta Pusat. Penelitian dilaksanakan di SDN Serdang 11, Jakarta Pusat. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV pada semester pertama tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 28 peserta didik untuk kelas eksperimen dan 28 peserta didik untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain posttest-only-control. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk angket yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t-test. Analisis data menggunakan uji-t, kedua kelompok tersebut memperoleh nilai t-hitung sebesar 6.5302 sedangkan t-tabel pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 58 adalah sebesar 1.671, maka dapat dikatakan bahwa t-hitung > t-tabel yang berarti hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model Cooperative Learning Tipe Make a Match terhadap motivasi peserta didik pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd ; 2). Uswatun Hasanah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2021 08:53
Last Modified: 23 Jul 2021 08:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16624

Actions (login required)

View Item View Item