MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGENAL NILAI MATA UANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA LACI UANG PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas di SDLB C Budidaya)

NUR CHANDRA YULIA, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGENAL NILAI MATA UANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA LACI UANG PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas di SDLB C Budidaya). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nur Chandra Yulia (1335125793).pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI uli.pdf

Download (452kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan media laci uang pada siswa tunagrahita ringan untuk pokok bahasan mengenal nilai mata uang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDLB C Budidaya sebanyak 6 orang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Pemgumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang dianalisis dengan analisis data kuantitatif dan non tes (Observasi, wawancara, dokumentasi) yang dianalisis dengan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata awal hasil belajar matematika siswa 32,63. Pada siklus I dengan menggunakan media laci uang hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan menjadi 49,65. Sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat menjadi 78,53. Hasil ini menunjukan bahwa media laci uang dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd ; 2). Dra. Tri Sediyani, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 19 Nov 2019 15:03
Last Modified: 19 Nov 2019 15:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1663

Actions (login required)

View Item View Item