MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS V SDN MUSTIKASARI III KOTA BEKASI

ENNO DWI SAFITRI, . (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS V SDN MUSTIKASARI III KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak dan Abstract.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (281kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (429kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (507kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil belajar IPA melalui penggunaan media realia pada siswa kelas V SDN Mustikasari III Kota Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2018-2019 pada muatan IPA dengan materi Zat Tunggal dan Zat Campuran. Metode penelitian ini, menggunakan metode tindakan kelas dengan model siklus Kemmis and Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Pengumpulan data pada peneliatian ini menggunakan instrumen hasil belajar IPA dalam ranah kognitif, afektif, psikomotorik, dan instrumen pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa dalam menggunakan media realia. Target yang diharapkan oleh peneliti dari hasil belajar IPA dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik yaitu 85% dengan skor ≥ 70. Adapun target yang diharapkan oleh peneliti dari pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa dalam menggunakan media realia adalah 95%. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil belajar siswa dalam ranah kognitif menunjukan adanya peningkatan mulai dari pra siklus sebesar 29%, siklus I sebesar 60%, sampai siklus II sebesar 90%. Hasil belajar siswa dalam ranah afektif menunjukan adanya peningkatan pada siklus I sebesar 67% dan siklus II sebesar 96%. Adapun hasil belajar dari ranah psikomotorik juga menunjukkan adanya peningkatan mulai dari siklus I sebesar 63% dan siklus II sebesar 94%. Data hasil pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa dalam menggunakan media realia pada siklus I mencapai 76% dan siklus II mencapai 98%. Hasil ini menunjukan bahwa dengan menggunakan media realia dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah pasikomotorik pada materi zat tunggal dan zat campuran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si, M.Pd ; 2). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd.
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:43
Last Modified: 26 Jul 2021 07:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16641

Actions (login required)

View Item View Item