PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen di SDN Lenteng Agung 01 Jakarta Selatan)

Vina Tussa’ada Ratnasari, . (2016) PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR (Studi Eksperimen di SDN Lenteng Agung 01 Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Vina Tussa’ada Ratnasari.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK, ABSTRACT.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Jurnal Vina Tussa’ada Ratnasari.pdf

Download (464kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas III A dan III B SDN Lenteng Agung 01 Jakarta Selatan dengan jumlah 76 siswa pada kedua kelasnya. Penggunaan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posttest Only Grup Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi analisis dengan menggunakan uji-t. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada metode inkuiri terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III sekolah dasar diterima. Kesimpulan tersebut ditunjukkan dengan uji-t yang membuktikan bahwa thitung lebih dari ttabel pada α = 0,05 yaitu 2,21>1,67 dan nilai rata-rata hasil belajar IPA pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 18,27 > 14,57.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd,; 2). Dr.M. S. Sumantri, M.Pd,
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 19 Nov 2019 15:18
Last Modified: 19 Nov 2019 15:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item