PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI KEGIATAN MEMASAK (COOKING ACTIVITY) (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Kartika Cijantung Jakarta Timur)

DIAN PANGESTI, . (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI KEGIATAN MEMASAK (COOKING ACTIVITY) (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Kartika Cijantung Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (153kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (330kB)
[img] Text
3. LEMBAR KEASLIAN SKRPSI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
4. ABSTRAK IND & ABSTRACT.pdf

Download (168kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (85kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak usai 5-6 tahun di TK Kartika VIII-1 Cijantung, Jakarta Timur melalui kegiatan memasak (Cooking Activity). Subjek pada penelitian ini adalah 11 anak yang berusia 5-6 tahun Kelompok B di TK Kartika VIII-1 Cijantung, Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2019. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah Kelompok B di TK Kartika VIII-1 Cijantung, Jakarta Timur yang keterampilan sosialnya perlu ditingkatkan dengan jumlah sebanyak 11 anak. Presentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71% dan seluruh anak mengalami peningkatan. Hasil analisis data pada praintervensi di dapat presentase 51,2 %. Setelah diberikan tindakan, presentase meningkat mencapai 66,5 % dengan keterangan bahwa semua anak mengalami peningkatan. Data yang diperoleh pada siklus I dijadikan acuan dalam melakukan tindakan pada siklus II untuk melihat kestabilan dan konsistensi peningkatan pemahaman. Presentase yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 78,9% dengan keterangan semua anak mengalami penigkatan. Berdasarkan keberhasilan yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa keterampilan sosial anak usia dini dalam aspek kerjasama, empati, dan interaksi dapat meningkat dengan kegiatan memasak (Cooking Activity) yang dilakukan secara berkelompok karena dalam melakukan kegiatan membutuhkan kerjasama dan interaksi yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yenina Akmal, M.Hum ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 30 Jul 2021 06:45
Last Modified: 30 Jul 2021 06:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16662

Actions (login required)

View Item View Item