EFEKTIVITAS METODE BLOCK PRACTICE DAN RANDOM PRACTICE TERHADAP KETERAMPILAN PASSING FUTSAL BIE THE GREAT AKADEMI USIA 16 TAHUN

MUHAMMAD FAKHRI YORIKO, . (2019) EFEKTIVITAS METODE BLOCK PRACTICE DAN RANDOM PRACTICE TERHADAP KETERAMPILAN PASSING FUTSAL BIE THE GREAT AKADEMI USIA 16 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (248kB)
[img] Text
05 ABSTRACT ATAU RINGKASAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text
11 BAB II.pdf

Download (769kB)
[img] Text
12 BAB III.pdf

Download (586kB)
[img] Text
10 BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
13 BAB IV.pdf

Download (537kB)
[img] Text
14 BAB V.pdf

Download (284kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. untuk mengetahui efektivitas metode block practice terhadap keterampilan passing, 2. Untuk mengetahui efektivitas metode random practice terhadap keterampilan passing, 3. Untuk mengetahui lebih efektif mana metode block atau random untuk diterapkan kepada pemain futsal akademi bie the great. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas metode block practice (X1), random practice (X2) dan variabel terikat keterampilan passing (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode eksperimen dengan menggunakan pre dan post tes design. Penelitian ini menggunakan teknik statistik uji-t perhitungan data untuk membandingkan tes awal dengan tes akhir metode block practice dan random practice. uji-t yang pertama diperoleh perbandingan metode block practice perbandingan data awal dan data akhir yang berupa thitung sebesar 4,023, sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dengan df (n-1) = 9 adalah 1,83, maka thitung (4,023) > (1,83), berarti Ho ditolak yaitu terdapat peningkatan yang signifikan pada Metode Block Practice terhadap keterampilan Passing permainan Futsal pada Akademi Bie The Great usia 16 tahun. Hasil uji-t kedua diperoleh hasil perbandingan metode random practice data awal dan data akhir yang berupa thitung sebesar 0,136 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 0,05 dengan df (n-1) = 9 adalah 1,83, maka thitung (0,136) < (1,83), berarti Ho diterima yaitu tidak terdapat peningkatan yang signifikan pada Metode Passing Random terhadap Passing pemain akademi Bie The Great usia 16 tahun. Dan hasil uji-t ketiga diperoleh perbedaan antara metode block dan random yaitu thitung sebesar 4,552 dan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dan df (n-2) = 18 adalah 1,73. Maka thitung (4,552) > ttabel (1,73) sehingga Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara Metode Passing Block dan Metode Passing Random. Dari ketiga hipotesis ini Hasil penelitian ini dapat diterima artinya Metode block practice lebih efektif dibandingkan random practice untuk meningkatkan keterampilan passing di akademi Bie The Great usia 16 tahun. ********** The objectives of this study are: 1. To find out the effectiveness of the block practice method for passing skills, 2. To find out the effectiveness of the random practice method for passing skills, 3. To find out more effectively which block or random method to be applied to futsal academy players bie the great. The variables in this study are the independent variable block practice method (X1), random practice (X2) and the dependent variable passing skills (Y). The method used in this study is an experimental method using pre and post test design. This study uses statistical t-test data calculation techniques to compare the initial test with the final test block practice and random practice methods. The first t-test results obtained a comparison of the method of block practice comparison of initial data and final data in the form of tcount of 4.023, while ttable with a significant level of 0.05 with df (n-1) = 9 is 1.83, then tcount (4.023) > (1.83), it means that Ho is rejected, that is, there is a significant increase in the Block Practice Method of the Futsal game Passing skill at the 16-year-old Bie The Great Academy. The second t-test results obtained from the comparison of the initial random practice method data and the final data in the form of tcount of 0.136 while the ttable with a significant level of 0.05 with df (n-1) = 9 is 1.83, then tcount (0.136) <( 1.83), it means that Ho is accepted, that is, there is no significant increase in the Random Passing Method of Passing the 16-year-old Bie The Great academy player. And the results of the third t-test obtained the difference between the block and random methods, namely tcount of 4.552 and ttable at a significance level of 0.05 and df (n-2) = 18 is 1.73. Then tcount (4,552)> ttable (1.73) so that Ho is rejected, which means there is a significant difference between the Passing Block Method and the Random Passing Method. From these three hypotheses, the results of this study can be accepted, meaning that there are significant results using the block practice method of passing skills. Block practice training methods are more effective than random practice to improve passing skills at the 16-year-old Bie The Great academy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Nur Fitranto, M.Pd. ; 2). Dr. Hidayat Humaid, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 12 Aug 2021 05:03
Last Modified: 12 Aug 2021 05:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16741

Actions (login required)

View Item View Item