MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MARRY GO ROUND DI KELAS V SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Pondok Kelapa 06 Pagi Jakarta Timur)

AYU MUTIA DEWI, . (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MARRY GO ROUND DI KELAS V SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Pondok Kelapa 06 Pagi Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (213kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN SIDANG SKRIPSI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINILITAS.pdf

Download (155kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.docx.pdf

Download (180kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi karena belum tercapainya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dengan materi Peran Ekonomi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Marry Go Round Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pondok Kelapa 06 Pagi Jakarta Timur. Sempel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Pondok Kelapa 06 Pagi Jakarta Timur sebanyak 29 peserta didik yang dilaksanakan pada bulan Maret - Mei 2019. Teknik pengambilan sampel dengan Penelitian Tindakan Kelas versi Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 langkah, yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil belajar yang diharapkan harus melebihi Ketuntasan Kriteria Minimal yang ditentukan sebesar ≥75, dengan target presentase ketuntasan sebesar 80%. Pada siklus I peserta didik tuntas diatas ≥75 sebesar 72% atau sebanyak 21 peserta didik. Siklus II peserta didik tuntas diatas ≥75 sebesar 93% atau sebanyak 27 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II dan telah mencapai target yang diinginkan, sehingga penelitian dapat dihentikan. Kesimpulannya, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Marry Go Round dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan materi Peran Ekonomi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di kelas V Sekolah Dasar Negeri Pondok Kelapa 06 Pagi Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ajat Sudrajat, M. Pd ; 2). Dr. Edwita, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:02
Last Modified: 12 Aug 2021 07:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16753

Actions (login required)

View Item View Item