PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V (Studi Eksperimen di Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan)

BASYIR LATIF, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V (Studi Eksperimen di Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER JUDUL.pdf

Download (80kB)
[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN UJIAN.pdf

Download (615kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf

Download (15MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (72kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Menteng Atas 06 Pagi, Setiabudi Jakarta Selatan dengan 23 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain pretest-postest control group design. Pengumpulan datanya melalui pengujian instrumen dengan validasi data. Sehingga data yang telah valid dapat dilanjutkan ke tahap penelitian. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil t hitung (1,89) > t tabel (1,71). Oleh karena itu hipotesisnya diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran predict-observe-explain (poe) terhadap pemahaman konsep ipa siswa kelas V. Hasil ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternalit guru dalam membimbing proses pembelajaran untuk mengembangkan pamahaman konsep IPA siswa khususnya kelas V.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd. ; 2). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:11
Last Modified: 12 Aug 2021 07:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16756

Actions (login required)

View Item View Item