PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK DENGAN AUTISME (Single Subject Research di Sekolah Autis Puspa Bangsa)

ASTRIE NURBAINI POPY SUHARTO, . (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK DENGAN AUTISME (Single Subject Research di Sekolah Autis Puspa Bangsa). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (21kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (8kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (120kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (5kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (10kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (58kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap peningkatan kemampuan bahasa ekspresif terkait mengucapkan nama kegiatan sehari-hari. Subyek dari penelitian ini adalah anak dengan autisme di Sekolah Autis Puspa Bangsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes lisan untuk menunjukkan kemampuan pada anak dengan autisme baik sebelum diberikan intervensi, saat diberi intervensi, dan sesudah diberi intervensi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif dalam mengucapkan nama kegiatan sehari-hari pada anak dengan autisme. Hal tersebut dilihat dari perolehan skor yang didapat oleh anak dengan autisme pada baseline A1 yaitu 5 dari skor maksimal 15, baik pada dimensi mengucapkan nama kegiatan makan, minum, maupun mandi. Sedangkan pada tahap baseline A2 perolehan skor tertinggi pada dimensi mengucapkan nama kegiatan makan dan mandi dengan skor 15 dari skor maksimal 15. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media kartu bergambar memiliki pengaruh untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak dengan autisme

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Indra Jaya, M.Pd ; 2). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 12 Aug 2021 08:14
Last Modified: 16 Sep 2022 07:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16761

Actions (login required)

View Item View Item