PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DALAM MUATAN IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD (Studi Eksperimen di Kelurahan Kebon Manggis Jakarta Timur)

ASHRI HARDIYANTI, . (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DALAM MUATAN IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD (Studi Eksperimen di Kelurahan Kebon Manggis Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER JUDUL DAN HALAMAN JUDUL.pdf

Download (96kB)
[img] Text
2. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf

Download (169kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (681kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (554kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (187kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
11.a BAB 1.pdf

Download (220kB)
[img] Text
11.b BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
11.c BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
11.d BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
11.e BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui data secara empiris tentang Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Muatan IPA pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV SDN Kebon Manggis 01 Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di SDN Kebon Manggis 01, Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV pada semester kedua tahun ajaran 2019/2020. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 30 peserta didik untuk kelas eksperimen dan 30 peserta didik untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain posttest-only-control. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk uraian bebas yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t-test. Analisis data menggunakan uji-t, kedua kelompok tersebut memperoleh nilai t-hitung sebesar 3.427 sedangkan t-tabel pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 60 adalah sebesar 1.671, maka dapat dikatakan bahwa t-hitung > t-tabel yang berarti hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Predict, Observe, Explain terhadap pemahaman konsep dalam muatan IPA pada peserta didik kelas IV SD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty M.Pd ; 2). Dra. Rosinar Siregar, M.Pd,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2021 09:52
Last Modified: 12 Aug 2021 09:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16766

Actions (login required)

View Item View Item