APRILLIA BUDI CAHYANI, . (2019) PENGARUH BERMAIN HURUF AMPLAS (SANDPAPER LETTERS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Eksperimen di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 62, Bogor). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN SKRIPSI.pdf Download (108kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (143kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (272kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (225kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (89kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
|
Text
10. a. BAB I.pdf Download (229kB) |
|
Text
10. b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
Text
10. c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
|
Text
10. d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
Text
10. e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh bermain huruf amplas (sandpaper letters) terhadap kemampuan menulis awal anak usia 5-6 tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas B di TK Bhayangkari 62 Bogor sebanyak 30 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain nonrandomized control group. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes tertulis. Validitas dan reliabilitas isi instrumen dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment dan alpha cronbach (r11). Rumus korelasi product moment digunakan untuk menentukan hasil penelitian valid atau tidak. Rumus alpha cronbach digunakan untuk mengetahui instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data dapat dipercaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data stastistik deskriptif untuk menghitung harga mean, median, modus, dan standar deviasi. Untuk menguji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas.dengan uji fisher. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t dan menghasilkan thitung (16,6) > ttabel (1,701) pada taraf signifikansi α= 0,05 dengan n = 30. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan bermain sandpaper letters berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis awal anak usia 5-6 tahun. Oleh sebab itu, bermain huruf amplas (sandpaper letters) bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis awal anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi, ; 2). Dr. Nurjannah. SP, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 04:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16813 |
Actions (login required)
View Item |