EDUKASI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENARIK MINAT MASYARAKAT DALAM BERZAKAT

HASANUDDIN, . (2021) EDUKASI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENARIK MINAT MASYARAKAT DALAM BERZAKAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.PDF

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.PDF

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Edukasi zakat memiliki peran dalam penghimpunan dana zakat, karena saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang kewajiban menunaikan zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis edukasi yang dilakukan oleh BAZNAS melalui media sosialnya dalam menarik minat masyarakat untuk menunaikan zakat dengan melihat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi edukasinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan pengkajian terkait pembahasan mengenai edukasi zakat yang dilakukan BAZNAS melalui media sosialnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara online kepada pihak BAZNAS, observasi pada media sosial BAZNAS, dokumentasi berupa pengumpulan informasi dari berbagai sumber, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa edukasi zakat yang dilakukan BAZNAS melalui media sosialnya dapat mempengaruhi minat masyarakat untuk menunaikan zakat. BAZNAS melaksanakan edukasi zakat dengan memanfaatkan media sosial seperti instagram, twitter, facebook, linkedin, youtube, dan tiktok. Materi yang disampaikan pada media sosial BAZNAS tersebut seperti makna zakat, jenis-jenis zakat, macam-macam harta yang wajib dizakati, pendistribusian zakat, kemudahan berzakat melalui BAZNAS, pentingnya zakat untuk pemberdayaan umat, program-program BAZNAS, serta ajakan untuk menunaikan zakat. Menurut BAZNAS, media sosial dinilai sebagai media kampanye zakat yang paling berpengaruh, disukai, dan dipercaya oleh muzaki. Sedangkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa instagram sebagai media sosial BAZNAS yang paling disukai, berpengaruh, dan dipercaya dalam melaksanakan edukasi zakat. *********** Zakat education has a role in the collection of zakat funds, because today there are still many people who do not know about the obligation to give zakat. This research aims to describe and analyze the education conducted by BAZNAS through its social media in increasing public interest to give zakat by looking at the planning, implementation, and evaluation of education. This research uses qualitative descriptive method by conducting an assessment related to the discussion on zakat education conducted by BAZNAS through its social media. The data collection techniques used in this study are online interviews to BAZNAS, observations on BAZNAS social media, documentation in the form of information collection from various sources, and questionnaire. The results of this study show that zakat education conducted by BAZNAS through social media can affect people's interest to give zakat. BAZNAS conducts zakat education by utilizing social media such as instagram, twitter, facebook, linkedin, youtube, and tiktok. The material delivered on baznas social media such as the meaning of zakat, types of zakat, various kinds of assets that must be paid, distribution of zakat, ease of charity through BAZNAS, the importance of zakat for the empowerment of people, baznas programs, and invitations to give zakat. According to BAZNAS, social media is considered as the most influential, liked, and trusted zakat campaign media by muzaki. While in this study shows that instagram as the most liked, influential, and trusted BAZNAS social media in carrying out zakat education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Izzatul Mardhiah, S.Ag.,M.A. ; 2). Yusuf Ismail, S.Ag.,M.Ag.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Users 10850 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2021 07:35
Last Modified: 19 Aug 2021 07:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16854

Actions (login required)

View Item View Item