ANITA WULANDARI, . (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI GEOMETRI DAN PENGUKURAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Utan Kayu Utara 01 Pagi Matraman Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (483kB) |
|
Text
2. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf Download (262kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (431kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (334kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (180kB) |
|
Text
11.a BAB 1.pdf Download (339kB) |
|
Text
11.b BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) |
|
Text
11.c BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
|
Text
11.d BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
11.e BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi geometri dan pengukuran menggunakan pendekatan open ended untuk siswa kelas V. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Utan Kayu Utara 01 Matraman Jakarta Timur sebanyak 28 siswa. Model yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan desain yang dipakai menurut Kemmis dan MC Taggart yang satu siklusnya terdiri dari 4 komponen yaitu, perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, non tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan open ended dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matermatika khususnya untuk materi geometri dan pengukuran pada siswa kelas V SD. Berdasarkan data kemampuan berpikir kreatif pada siklus I, siswa yang masuk dalam kategori kemampuan berpikir kreatif tinggi sebesar 60,71%. Persentase ini meningkat pada siklus II menjadi 82,14%. Berdasarkan data pemantau tindakan guru dan siswa pada siklus I adalah 72,78% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,05%. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran menggunakan pendekatan open ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD Negeri Utan Kayu Utara 01 Matraman Jakarta Timur menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd ; 2). Drs. Satrio, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 06:45 |
Last Modified: | 19 Aug 2021 06:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16858 |
Actions (login required)
View Item |